Bagian-Bagian Contoh Surat Keterangan

Surat keterangan adalah surat yang isinya untuk menerangkan seseorang atau hal tertentu dan bagi dan contoh surat keterangan yang sering dibuat adalah surat referensi, pernyataan dan rekomendasi. Surat keterangan adalah contoh salah satu jenis surat yang paling sering dibuat karena tujuan tertentu. Nah, biasanya surat keterangan ini akan menyangkut mengenai aktivitas manusia.

Bagian-bagian Contoh Surat Keterangan

Surat keterangan juga merupakan jenis surat yang resmi sehingga akan dikeluarkan oleh instansi resmi. Sehingga tidak ada istilahnya surat keterangan ini dibuat sendiri karena ada yang berwenang untuk mengeluarkan surat keterangan secara sah dan resmi. Nah, untuk mengetahui dan memahami bagian dari surat keterangan, berikut merupakan bagian-bagiannya.

Bagian-bagian utama dari contoh surat keterangan yang benar adalah :

  1. Kop surat

Kop surat atau kepala surat isinya memiliki 3 bagian, yaitu nama instansi, jenis surat dan nomor surat. Nah, nama instansi ini sesuai dengan jenis nama instansinya secara lengkap. Kemudian untuk jenis surat di bagian bawah kop surat ditulis dengan kalimat “surat keterangan” menggunakan huruf besar semua. Nah, bagian terakhir adalah nomor surat yang biasanya ditulis di bawah tulisan surat keterangan.

  1. Isi surat keterangan

Bagian kedua adalah isi surat keterangan atau inti dari surat tersebut yang biasanya menerangkan sebuah hal. Nah, isi utamanya adalah tentang pernyataan sesungguhnya yang biasanya adalah pernyataan mengenai aktivitas manusia. Kemudian menuliskan juga identitas seseorang atau identitas yang diterangkan dengan nama, tempat/tanggal lahir, alamat dan sebagainya sesuai dengan identitas dan keadaan secara umum mengenai pihak yang terkait. Kemudian terakhir adalah penutup yang berisi tentang harapan yang bisa dimanfaatkan dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

  1. Kaki surat keterangan

Bagian ketiga adalah kaki surat keterangan yang isinya adalah tempat serta tanggal dikeluarkannya surat keterangan. Kemudian juga menulis identitas penanggung jawabnya. Identitas penanggung jawab ditulis dengan jabatan penanggung jawab, tanda tangan dan nama terang, NIP dan cap atau stempel resmi.

Seperti itu bagian-bagian contoh surat keterangan yang umum dibuat oleh instansi untuk mengeluarkan surat tersebut.