Cara Alami Mengobati Keseleo Dengan Abu Hangat Dan Daun Pepaya

Hampir semua orang di dunia pernah mengalami keseleo, dari anak-anak, remaja, dewasa, maupun para manula. Baik disebabkan karena olahraga maupun dalam melakukan aktivitas setiap harinya. Keseleo atau terkilir yang dalam Bahasa medis sering disebut dengan istilah strain merupakan cedera yang terjadi pada ligamen yang merupakan jaringan ikat yang menghubungkan antar tulang dan juga menyokong sendi, keseleo paling sering terjadi pada pergelangan kaki.

Pengobatan Alami Untuk Keseleo

Keseleo biasanya disebabkan karena adanya peregangan berlebihan yang menyebabkan robeknya ligamen yang terjadi karena tekanan yang berat yang mendadak pada sendi. Beberapa kegiatan yang bisa menyebabkan keseleo adalah jatuh pada posisi yang tidak wajar, kurangnya pemanasan pada saat berolahraga dan juga banyak lainya.

Sering kita melihat memar dan bengkak pada saat kita mengalami keseleo, hal itu sebenarnya terjadi karena adanya peradangan dan pendarahan pada ligamen yang sobek. Yang menyebabkan rasa nyeri dan sakit saat digerakkan.

Pada saat kita melakukan pemeriksaan keseleo kepada rumah sakit biasanya dokter akan menawarkan beberapa pilihan tes untuk mengetahui tingkat keseleo yang kita alami seperti X-Ray, USG, atau MRI scan yang pasti akan memerlukan biaya yang tidak murah. Tetapi ketika dibiarkan saja keseleo juga bisa menjadi berbahaya karena peradangan pada ligamen tidak segera di tangani.

Sebenarnya alam telah menyediakan berbagai pengobatan alami yang dapat kita lakukan untuk dunia kesehatan, salah satunya adalah kombinasi abu hangat dan daun pepaya yang bisa menjadi pengobatan keseleo. Inilah beberapa langkah untuk mengobati keseleo dengan daun pepaya:

  1. Siapkan dua lembar daun pepaya.
  2. Siapkan kain tipis ukuran 30 x 30 atau bisa kita gunakan kain serbet bersih.
  3. Siapkan abu hangat atau tumbukan arang.
  4. Tumbuk halus abu atau arang hangat.
  5. Wadahi dengan kain tipis yang telah kita sediakan.
  6. Ikat ujung-ujungnya hingga membentuk seperti bola.
  7. Lapisi dengan dua lembar daun pepaya
  8. Kompreslah area yang keseleo dengan kombinasi abu hangat dan daun pepaya

Lakukan hal tersebut sehari dua kali secara rutin, dan cobalah untuk melakukan gerakan ringan pada area yang keseleo.