Kunci Keluarga Harmonis Menurut Islam

Memiliki keluarga yang harmonis adalah salah satu impian bagi semua orang, entah pria ataupun wanita. Semua orang ingin membangun keluarga yang bahagia dan harmonis. Bahagia serta harmonis bukanlah merupakan suatu keluarga yang tidak memiliki masalah. Keluarga harmonis adalah keluarga yang dapat melewati berbagai macam masalah yang ada. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk membuat keluarga agar tetap harmonis. Salah satunya adalah dengan mendirikan keluarga Islam. Dalam Islam, perceraian adalah hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Untuk menghindari berbagai macam hal tersebut tentu Anda harus menjaga keharmonisan di dalam keluarga. Beberapa kunci yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan sebuah rumah tangga yang bahagia.

4 Kunci Penting Keluarga Harmonis Menurut Islam

Berikut ini adalah beberapa kunci membuat keluarga yang harmonis tetap bahagia menurut Islam:

  1. Memahami tujuan menikah

Saat Anda akan menjalankan sebuah rumah tangga, Anda harus memastikan antara Anda dan calon suami Anda memiliki tujuan yang sama. Perbedaan tujuan antara Anda dan pasangan Anda akan menjadi salah satu hal pemicu keretakan di dalam rumah tangga. Anda juga harus memiliki tujuan yang jelas akan tetapi jangan sampai tujuan tersebut merupakan tujuan yang buruk.

  1. Membangun nilai-nilai baik di dalam rumah tangga

Dalam suatu kehidupan berumah tangga, tentu Anda harus membangun sebuah keluarga yang baik. Harta akan menjadi sia-sia saat Anda memiliki keluarga yang memiliki perilaku buruk. Saat Anda sudah memiliki seorang anak, maka Anda dapat menerapkan nilai-nilai baik pada anak Anda mulai dari dia kecil.

  1. Memahami peran masing-masing

Banyak wanita saat ini yang tidak sadar akan tugasnya sebagai seorang istri. Hal ini pun ikut menjadi salah satu faktor utama yang dapat menimbulkan perpisahan. Begitu pula sebaliknya. Sekarang Anda akan mudah menemukan lelaki yang tidak bertanggung jawab kepada keluarganya. Mereka tidak memberikan nafkah lahir kepada istri dan anak. Bahkan beberapa ada yang melakukan tindakan kekerasan.

  1. Saling memahami serta menutupi kekurangan

Setiap orang tentu memiliki kekurangan. Yang penting dalam kehidupan keluarga adalah menerima kekurangan pasangan dan menutupinya dengan kelebihan yang Anda miliki. Begitu pula sebaliknya.

Demikian beberapa kunci keluarga yang harmonis menurut Islam.

Related posts: