Makanan Yang Baik Untuk Penderita Anemia

tips kesehatanAnemia bisa menjadi sangat umum ditemui di kalangan masyarakat. Beberapa orang yang mengalami ini disebabkan karena kondisi dimana sel dara merah mengalami penurunan. Sehingga akan menyebabkan berkurangnya asupan oksigen ke seluruh tubuh. Karena, peranan sel darah merah adalah bertugas untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Jenis anemia yang sering ditemui adalah anemia defisiensi besi yang disebabkan karena menurunnya produksi zat besi. Dengan begitu, akan sangat berpengaruh kepada produksi sel darah merah. Tentunya hal ini banyak disebabkan karena pada saat kehamilan membuat tubuh tidak bisa menyerap zat besi secara sempurna.

Contoh Makanan Untuk Penderita Anemia

Akibatnya penderita akan mengalami rasa lemas, badan mudah lelah, tangan serta kaki yang terasa dingin, kulit menjadi pucat, sakit kepala serta menurunnya nafsu makan. Perlu diketahui juga bahwa dengan membiarkan hal ini terjadi dan tidak diatasi sedini mungkin bisa menyebabkan masalah komplikasi kesehatan yang tergolong berat. Seperti masalah kehamilan, gangguan pada jantung serta gangguan pertumbuhan pada anak dan bayi. Ketika seseorang sudah didiagnosis terkena anemia khususnya defisiensi zat besi maka hal yang harus diperhatikan tentu dengan menjaga asupan makanan yang tepat. Meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi akan zat besi sangat dianjurkan. Karena, hal itulah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh bagi si penderita.

Beberapa contoh makanan yang kaya akan kandungan zat besi diantaranya sayuran hijau seperti kangkung, kacang-kacangan, kacang polong, daging merah seperti hati sapi dan ayam serta daging unggas. Serta bagi Anda yang gemar mengkonsumsi makanan laut juga sangat baik untuk menjaga keseimbangan zat besi dalam tubuh. Beberapa contoh makanan laut yang cocok untuk meningkatkan zat besi seperti udang, kerang, cumi serta ikan. Penting sekali untuk mengkonsumsi daging untuk meningkatkan kandungan zat besi. Karena daging adalah sumber zat besi yang sangat baik bagi tubuh dibandingkan dengan bahan makanan lainnya. Tentu saja, bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi sayur juga harus diimbangi dengan mengkonsumsi daging setiap hari.

Related posts: