Memulai MPASI di Usia Enam Bulan

Makanan pendamping ASI merupakan cara tepat bagi Anda yang ingin meningkatkan kondisi tubuh anak. Dalam hal ini, ASI memang direkomendasikan untuk diberikan kepada anak sampai usia dua tahun. Namun, anak juga butuh asupan makanan lain, lho. Selama perkembangannya, anak butuh beberapa jenis zat gizi yang bisa mendorong perkembangan tubuh dan otak anak. Nah, makanan apa ya kiranya yang sesuai dengan perkembangan anak? Ada banyak olahan makanan pendamping ASI dan resep MPASI yang bisa Anda contek, lho.

Tips Memulai Makan Anak di Usia 6 Bulan

Ada beberapa makanan pendamping ASI yang sudah beken sejak Anda kecil. Beberapa makanan di bawah ini bisa Anda olah dengan mencontek resep MPASI yang sesuai dengan perkembangan anak Anda. Penasaran? Ini dia beberapa di antaranya.

  1. Anda bisa memanfaatkan buah pisang sebagai bahan utama MPASI. Beberapa jenis pisang yang lembut seperti pisang ambon bisa Anda berikan kepada anak. Anda bisa mengeruk sedikit dari buah pisang dan memberikannya langsung pada anak. Si kecil pun akan berlatih untuk mengecap, merasakan dan mengidentifikasi makanan yang masuk ke mulut. Anda juga bisa membuat bubur pisang, lho!
  2. Bagi Anda yang ingin membiasakan anak memakan sayur sejak dini, yuk mulai dengan memberi wortel. Selain baik untuk kesehatan mata, wortel yang dikukus pun memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok dikonsumsi oleh bayi. Bayi bisa belajar mengunyah juga, lho. Di samping itu, Anda juga bisa membuatnya sebagai puree yang lezat dan segar.
  3. Alpukat juga bisa diberikan kepada anak. Selain karena rasanya yang lezat, buah alpukat juga kaya akan lemak nabati yang baik. Selain itu, buah alpukat juga mengandung vitamin A, C serta kalsium yang baik untuk pertumbuhan anak Anda. Alpukat bisa dibuat menjadi bubur untuk memudahkan anak Anda dalam mengunyah dan menelannya. Dijamin, Anda sebagai orang tua pun akan sangat doyan!

Mempersiapkan anak untuk belajar mengonsumsi makanan padat merupakan hal penting bagi Anda. Dalam hal ini, makanan padat yang lembut dan memiliki kandungan gizi seimbang. Pada tahap ini, anak juga mulai mengidentifikasi rasa, lho. Pastikan resep MPASI buatan Anda menarik untuk anak.