Menentukan Antibiotik Dari Berbagai Macam Obat Antibiotik

Antibiotik itu banyak kegunaannya, maka dari itu banyak orang menggunakan obat yang satu ini. Antibiotik obatantibiotik sangat banyak tersedia di apotek, rumah sakit dan juga puskesmas. Kegunaan utama dari obat antibiotik ini adalah bisa membunuh bakteri dan juga menghambat proses kerja dari bakteri. Tetapi biasanya cara memakai obat antibiotik ini cukup ribet dan harus mengikuti rekomendasi dan juga resep dokter. Obat antibiotik juga cukup susah untuk diingat nama obatnya. Banyak dari pasien yang bahkan tidak bisa membedakan obat yang termasuk obat antibiotik dan mana obat yang bukan termasuk obat antibiotik. Tetapi ada beberapa obat antibiotik yang paling dikenal dan juga paling sering dipakai oleh masyarakat.

Obat Antibiotik Mana Untuk Penyakit Apa?

Saking begitu banyak jenis dari obat antibiotik, bisa membuat banyak pasien kebingungan. Tetapi tidak hanya membingungkan pasien saja, tetapi bisa juga membingungkan dokter yang bertugas memberi resep. Bisa jadi dokter kebingungan memilih antibiotik apa yang paling ampuh untuk masalah penyakit tertentu, dan bisa juga dokter malah memilih antibiotik yang dirasa paling ampuh untuk penyakit secara umum.

Begitu banyak golongan dan jenis antibiotik obatantibiotik, mana obat antibiotik yang harus dipilih?. Pilihan dari jenis antibiotik tergantung infeksi bakteri penyebab. Hal seperti ini disebabkan karena dari setiap jenis antibiotik hanya bisa efektif pada parasit dan bakteri tertentu. Misal, seseorang mengalami penyakit pneumonia, maka dokter mengetahui bakteri yang menyebabkan penyakit pneumonia tersebut. Lalu selanjutnya dokter memilih jenis antibiotik paling efektif untuk membasmi jenis dari bakteri tersebut.

Lalu ada faktor lainnya yang menjadi suatu pertimbangan memilih jenis antibiotik. Pertimbangan tersebut antara lain, seberapa tingkat infeksi, seberapa baiknya fungsi dari hati dan ginjal, jadwal dari dosis pemakaian, konsumsi obat lain, efek samping, riwayat dari alergi pada beberapa jenis antibiotik, lalu jika pasien menyusui atau hamil. Hal seperti ini yang menjadi alasan bahwa kita harus berpacu pada resep dan rekomendasi dokter jika hendak menggunakan obat antibiotik obatantibiotik.com.